Selasa, 11 Februari 2014

Instalasi sistem komputer


ALU    : Aritmetika logical unit
CU      : Control unit → Mengendalikan seluruh bagian cpu

Tujuan pokok komputer adalah untuk mengolah data untuk menghasilkan informasi  sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari :
-          Perangkat keras           : Hardware
-          Perangkat lunak          : Software
-          Brainware                   : yang mengendalikan komputer
Data adalah data yang belum diolah/struktur rancangan belum dipastikan kebenarannya,Sedangkan informasi adalah sudah ditentukan kebenarannya.
1.Perangkat keras adalah perangkat komputer itu sendiri,
2.Perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk proses tertentu.
3.Brainware adalah manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.
 Adaput struktyrnya sebagai berikut :
-          Input device
-          Output device
-          i/o ports
-          Cpu
-          Memory
  Input device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukan atau perintah kedalam komputer.
Input device adalah alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem.
Contohnya : keyboard,pointing device(mouse,touchscreen,likepad,digitizer,grafik tablet),scenner(magnetik ink recognition optical data rader,optical caracter recognition rader),sensor(contoh digitizing kamera,voice record,contohnya microfont)
  Output device adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menampilkan pengolahan sebagai hasil pengolahan data penguraian berupa hardcopy(ke kertas),softcopy(ke monitor),ataupun berupa suara contoh hardcopy device:printer.contoh softcopy device:scenner,i/o ports: bagian ini digunakan untuk menerima atau mengirim data keluar.i/o ports disebut juga interfest.
Cpu                 = yang mengoperasikan kedua
Memory           = alat penyimpanan
  1. RAM               = yaitu semua data yang dimasukan melalui alat input akan disimpan terlebih dahulu dimemori utama khususnya RAM,yang dapat di acces secara acak.Dapat diisi atau ditulis,di ambil atau diapus isinya,contohnya input storic,program storic,working storic,output storic.
  2. ROM               = hanya dapat dibaca sehingga program tidak bisa mengisi sesuatu kedalam ROM dalam arti lain ROM sudah diisi pada program pokok yang diperlukan oleh sistem operasi seperti untuk mengatur tampilan karakter dilayar,pengisian tombol kunci papan ketik dan,program bootstrap.
Bootstrap adalah Boot atau booting.
Dalam perangkat keras berarti proses mengaktifkan komputer sampai diambil alih oleh sistem operasi. Proses boot ini dikenal dengan dua cara, yaitu warm boot dan cold boot.Warm boot, berarti mengaktifkan kembali, tanpa harus dimatikan terlebih dahulu, misalnya dengan menekan tombol reset, atau memencet sekaligus tombol CTRL+ALT+DEL pada sistem operasi Disk Operating System (DOS).
Bootstrap loader adalah sebuah program yang cukup sederhana untuk dipanggil secara manual dengan pertolongan sakelar. Program ini mampu memanggil program pemanggil lain yang lebih kompleks sehingga dapat menjalankan program buatan sendiri.

Bootstrapping adalah pemuatan dan execution program bootstrap loader.Bootstrap ButtonAdalah tombol atau sakelar yang pertama kali akan ditekan apabila hendak menyalakan komputer. Penekanan tombol ini akan menyebabkan sistem operasi berhubungan dengan memori.

Bootstrap program adalah kode yang disimpan di code ROM yang dapat menempatkan kernel, memasukkannya kedalam memori, dan memulai eksekusinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar